Diberdayakan oleh Blogger.

selamat datang

RSS
saya widie .. selamat bergabung di blog saya . terima kasii :D

LINUX

SEJARAH LINUX
Linux (Linus Unix) merupakan sebuah sistem operasi yang dibuat oleh Linus Torvalds yang terinspirasi oleh Minix (Mini Unix). Minix merupakan sebuah sistem operasi kecil yang dikembangkan oleh Andrew S Tanenbaum. Pada awalnya Linux merupakan sebuah proyek hobi yang dikerjakan oleh Linus Torvalds, remaja 21 Tahun yang kuliah di universitas Helsinki Finlandia. 
Linux versi 0.01 dikerjakan sekitar bulan Agustus 1991 yang kemudian diposting ke mailing list comp.os.minix, dengan maksud menawarkan sumber kode dari apa yang telah dia buat dan mengundang para programmer lain untuk berpartisipasi dalam proyek tersebut.
Pada tanggal 5 Oktober 1991, Linus mengumumkan versi resmi Linux yaitu versi 0.02 yang hanya dapat menjalankan GNU/BASH (GNU Bourne Again Shell) dan GNU/GCC (GNU CCompiler), Linux versi pertama dirilis pada tanggal 14 Maret 1994, setelah tiga tahun mengalami masa pengembangan yang dilakukan oleh banyak programmer dari seluruh dunia. Saat ini Linux yang biasanya dipaket dengan program-program dari proyek GNU ataupun program-program lain dan dibundle dengan sebutan “distro Linux”


merupakan sebuah sistem operasi turunan dari UNIX yang lengkap, bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan perangkat lunak, multimedia, pekerjaan kantor dan lain sebagainya. GNU sendiri merupakan sebuah proyek yang didirikan oleh Ricard M Stallman (RMS) pada tahun 1984, yang bertujuan untuk membuat sistem operasi lengkap bergaya UNIX yang bebas bagi masyarakat.
Untuk penggunaan sehari-hari, pengguna dapat memilih distribusi Linux (Distro) yang telah banyak dikenal, seperti Debian, RedHat, Mandrake, SuSE, Gentoo, Slackware, Ubuntu, Kubuntu dan ratusan distro lainnya yang masing-masing mempunyai kekurangan dan kelebihan sendiri-sendiri. Perbedaan mendasar dari sebuah distro adalah paket-paket yang disertakan ataupun manajemen paketnya akan tetapi dari perbedaan tersebut masih tetap menggunakan kernel Linux.
Linux bisa didapatkan dalam berbagai distribusi (sering di sebut distro). Distro adalah bundel dari kernel linux, beserta system dasar linux, program installasi, tools basic dan program lainnya. Ada banyak sekali distro linux, diantaranya :
1. DEBIAN     
Debian adalah sistem operasi berbasis kernel Linux. Debian termasuk salah satu sistem operasi Linux yang bebas untuk dipergunakan dengan menggunakan lisensi GNU.Debian GNU/Linux adalah distro non komersial yang dihasilkan oleh para sukarelawan dari seluruh dunia yang saling bekerjasama melalui Internet. Distro ini menginginkan adanya semangat open-source yang harus tetap ada pada Debian. Kedinamisan distro ini membuat setiap rilis paket-paketnya di-update setiap waktu dan dapat diakses melalui utilitas apt-get. Apt-get adalah sebuah utilitas baris-perintah yang dapat digunakan secara dinamis untuk meng-upgrade sistem Debian GNU/Linux melalui apt-repository jaringan archive Debian yang luas. Milis dan forum debian selalu penuh dengan pesan-pesan baik mengenai bug, masalah, sharing, dll. Dengan adanya sistem komunikasi ini bug dan masalah keamanan pada tiap paket dapat dilaporkan oleh para pengguna dan pengembang Debian dengan cepat. Debian adalah ‘kernel independen’, yaitu sistem operasi Debian dikembangkan murni tanpa mendasarkan pada sistem operasi yang telah ada.Keuntungan dari Debian adalah upgradability, ketergantungan antar paket didefinisikan dengan baik, dan pengembangannya secara terbuka.Artitecture yang disokongnya seperti Alpha,AMD64, ARM, HP PA-RISC, Intel x86, Intel IA-64, MIPS (big endian), MIPS (little endian), PowerPC, IBM S/390, dan SPARC. Debian telah menghasilkan generasinya yang sangat hebat seperti Ubuntu, MEPIS, Dreamlinux, Damn Small Linux, Xandros, Knoppix, BackTrack, Linspire, sidux, Kanotix, Parsix dan lain-lain lagi.
2. Linux Mint 
Linux Mint adalah satu daripada beribu-ribu versi linux yang ada didalam dunia Linux. Linuxmint dikeluarkan dari keturunan debian dan dari genetik Ubuntu. LinuxMint juga adalah Distro yang membawakan kelainan dari gen-gennya yang lain dan mempunyai ciri-ciri unik. Dengan ciri-ciri ini, LinuxMint menjadi antara versi Linux yang paling baik dan popular pada ketika ini.Dengan terhasilnya Linux Mint ini, sedikit sebanyak memberikan saingan sengit diantara Linux yang lain. LinuxMint didatangkan lengkap dengan codec dan plugin yang sememangnya tidak terdapat didalam kebanyakan versi Linux. Codec seperti mp3, code DVD, gstremer dan lain-lain lagi membawakan keunikan kepada LinuxMint ini. Dengan adanya codec-codec tersebut, pengguna tidak perlu bersusah-payah untuk mencari dan mamasang kedalam distro LinuxMint ini.Selain itu, LinuxMint juga dilengkapi tools yang sangat semestinya bernas seperti control center, MintUpdate, MintDesktop, MintConfig, MintAssistant, MintUpload, MintSpace, MintMenu, MintWifiserta berbagai lagi. Untuk package yang tersedia, sememangnya mudah. package seperti java, adobe flash player, compiz config, mozilla thunderbird, domain blocker serta banyak lagi. Ini menjadikan LinxMint ini sebagai pilihan pengguna yang baru yang semamangnya mengharapkan user friendly dari sistem Linux. Pendekatan Linux Mint ini amat baik dan boleh dikategorikan sebagai yang paling user friendly diantara Distro2 yang lain. Ia juga amat sesuai untuk kegunaan rumah dan desktop serta untuk pengguna yang gemarkan multimedia. Akhir kata, Linux telah wujud dengan berbagai – bagai versi dan perisa yang kian menjadi sebahagian dari pilihan pengguna komputer2 didunia ini dan Linux Mint adalah diantaranya.
3. UBUNTU 
Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. Proyek Ubuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan. “Ubuntu” berasal dari bahasa kuno Afrika, yang berarti “rasa perikemanusian terhadap sesama manusia”. Ubuntu juga bisa berarti “aku adalah aku karena keberadaan kita semua”. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak.
Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional. Ubuntu sendiri dikembangkan oleh komunitas sukarelawan Ubuntu dan kami mengundang Anda untuk turut serta berpartisipasi mengembangkan Ubuntu!
Komunitas Ubuntu dibentuk berdasarkan gagasan yang terdapat di dalam filosofi Ubuntu:
• bahwa perangkat lunak harus tersedia dengan bebas biaya
• bahwa aplikasi perangkat lunak tersebut harus dapat digunakan dalam bahasa lokal masing-masing dan untuk orang-orang yang mempunyai keterbatasan fisik, dan
• bahwa pengguna harus mempunyai kebebasan untuk mengubah perangkat lunak sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.
Perihal kebebasan inilah yang membuat Ubuntu berbeda dari perangkat lunak berpemilik (proprietary); bukan hanya peralatan yang Anda butuhkan tersedia secara bebas biaya, tetapi Anda juga mempunyai hak untuk memodifikasi perangkat lunak Anda sampai perangkat lunak tersebut bekerja sesuai dengan yang Anda inginkan.
Berikut ini adalah komitmen publik tim Ubuntu untuk para penggunanya:
• Ubuntu akan selalu bebas dari biaya, maka dari itu tidak akan ada biaya tambahan untuk “edisi enterprise”, kami akan membuat semua pekerjaan terbaik Ubuntu tersedia untuk semua orang dengan istilah Bebas yang sama.
• Ubuntu juga menyediakan dukungan komersial dari ratusan perusahaan di seluruh dunia. Ubuntu dirilis secara tetap dan dapat Anda prediksikan; rilis Ubuntu terbaru tersedia setiap enam bulan. Setiap rilis akan didukung oleh Ubuntu dengan perbaikan pada keamanan dan perbaikan lainnya secara bebas selama sekurangnya 18 bulan.
• Ubuntu akan menyertakan terjemahan dan prasarana aksesibilitas terbaik yang dimiliki oleh komunitas Perangkat Lunak Bebas, hal ini berguna untuk membuat Ubuntu dapat dipergunakan oleh banyak orang. Kami juga bekerja sama dengan seluruh komunitas [Perangkat Lunak Bebas] dalam hal perbaikan bug dan saling membagi kode.
• Ubuntu berkomitmen secara penuh terhadap prinsip-prinsip dari pengembangan perangkat lunak bebas; untuk ini kami mendorong masyarakat untuk menggunakan perangkat lunak bebas dan open source, lalu memperbaikinya dan kemudian menyebarkannya kembali.
Ubuntu cocok digunakan baik untuk desktop maupun server. Ubuntu saat ini mendukung berbagai arsitektur komputer seperti PC (Intel x86), PC 64-bita (AMD64), PowerPC (Apple iBook dan Powerbook, G4 dan G5), Sun UltraSPARC dan T1 (Sun Fire T1000 dan T2000). Ubuntu menyertakan lebih dari 16.000 buah perangkat lunak, dan untuk instalasi desktop dapat dilakukan dengan menggunakan satu CD saja. Ubuntu menyertakan semua aplikasi standar untuk desktop mulai dari pengolah kata, aplikasi lembar sebar (spreadsheet) hingga aplikasi untuk mengakses internet, perangkat lunak untuk server web, peralatan untuk bahasa pemrograman dan tentu saja beragam permainan.
4. OpenSUSE
Open SUSE adalah sistem operasi umum yang dibina dari Linux kernal yang terbaru, dihasilkan dari kominiti yang dibiayai dan dan disokong oleh openSUSE project serta Novell. Selepas memperolehi SUSE Linux pada tahun 2004, Novell membuat keputusan untuk manghasilkan SUSE Linux Professional yang mana ianya 100% percuma berasaskan projek opensource yang disertai oleh komuniti dan developer.
Pada peringkat awal distro yang dikeluarkan oleh projek komuniti adalah versi Beta SUSE Linux 10.0. Pada november 2009 pula, openSUSE telah menghasilkan keluaran yang stabil iaitu openSUSE 11.2. openSUSE dikelola oleh openSUSE kominiti dan ditaja oleh Novell, untuk didivelop dan dimaintankan komponen2 SUSE Linux distributions. Perkara ini adalah sama seperti sejarah “SuSE Linux Professional”. Selepas pengambilalihan SUSE Linux, Novell mengambil keputusan untuk membangunkan kominitinya yang sememangnya penting didalam proses development mereka.
openSUSE sangat popular pada pengguna Desktop dan ianya bnayak digunakan didalam organisasi atau syarikat – syarikat besar yang mengendalikan sejumlah komputer yang banyak untuk menggantikan sistem operasi yang berlesen seperti Microsoft Windows. openSUSE juga cekap dalam melaksanakan proses networking dan program2 C++, javadan web base system. openSUSE juga mempuyai package2 sendiri yang boleh didapati didalam lama web mereka.
openSUSE sangat menarik apabila dipadankan dengan KDE desktop. Keluaran KDE terbaru untuk openSUSE adalah versi KDE 4. Versi terbaru dan masih lagi dalam peringkat update. openSUSE juga mempunyai tools yang baik sepert YaST Control Center yang menjadi tempat rujukan kandungan software dan setting untuk sistem openSUSE itu sendiri. Ini manjadikan openSUSE ini mudah digunakan.
5. REDHAT 
Redhat adalah distro yang cukup populer di kalangan pengembang dan perusahaan Linux. Dukungan-dukungan secara teknis, pelatihan, sertifikasi, aplikasi pengembangan, dan bergabungnya para hacker kernel dan free-software seperti Alan Cox, Michael Johnson, Stephen Tweedie menjadikan Red Hat berkembang cepat dan digunakan pada perusahaan. Poin terbesar dari distro ini adalah Red Hat Package Manager (RPM). RPM adalah sebuah perangkat lunak untuk memanajemen paket-paket pada sistem Linux kita dan dianggap sebagai standar de-facto dalam pemaketan pada distro-distro turunannya dan yang mendukung distro ini secara luas.
6. SUSE 
Suse sebelumnya bernama SUSE Linux dan SuSE Linux Professional .SUSE Linux adalah salah satu distro Linux utama yang dibuat di Jerman. SUSE Linux aslinya merupakan terjemahan dalam bahasa Jerman dari Slackware. Perusahaannya sekarang ini dimiliki oleh Novel, Inc. S.u.S.E adalah singkatan dari kalimat dalam bahasa Jerman “Software- und System-Entwicklung” (“Perangkat lunak dan pengembangan sistem”), tetapi ada informasi tidak resmi yang mengatakan bahwa S.u.S.E dihubungkan dengan ilmuwan komputer Jerman Konrad Zuse.
7.FEDORA
Fedora (sebelumnya bernama Fedora Core, terkadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat. Nama Fedora berasal dari karakter fedora yang digunakan di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core yang kemudian berubah menjadi Fedora pada rilis ke-7.
Fedora Core adalah distro besutan Red Hat Project setelah bergabung dengan Fedora Project, sebuah proyek komunitas yang mengkhususkan diri membuat berbagai paket aplikasi untuk dijalankan di Red Hat Linux.
Fedora Core 4 dapat dibakar ke empat keping CD atau sebuah DVD. Distro ini tidak menggunakan live CD dan harus diinstall ke harddisk. Instalasi Fedora Core 4 mudah, dan tidak banyak berubah dari rilis sebelumnya. Fedora menggunakan installer Anaconda yang berbasis grafik sehingga mudah diikuti. Distro ini juga dapat bekerja dengan baik di berbagai spesifikasi sistem tanpa perlu ngoprek di command line.
8. XANDROS 
Xandros Linux adalah sebuah distro Linux yang berdasarkan pada sistim KDE. Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi apabila dioperasikan sangat mudah dan nyaman. Tetapi, Xandros memiliki integrasi lebih baik dengan jaringan Windows, mampu menjalankan aplikasi OfficeXP, mampu meresize partisi NTFS saat instalasi, dll. Xandros juga bukan merupakan produk gratis tetapi komersial.
Secara singkat Xandros menawarkan kelebihan berikut:
~ Lima langkah instalasi grafis yang mudah
~ Manajemen partisi terintegrasi
~ Tampilan yang familiar
~ Aplikasi 
berkualitas dari para engineer Xandros
~ Kompatibilitas dengan file format Microsoft

9. KNOPPIX 
Knoppix merupakan distro Linux live-cd yang dapat dijalankan melalui CD-ROM tanpa menginstalnya di hard-disk. Distro ini berbasis Debian Linux dan diciptakan oleh Klaus Knopper. Aplikasinya sangat lengkap dan cocok untuk demo atau belajar Linux bagi yang belum mempunyai ruang pada hard-disknya, dapat juga untuk CD rescue. Kelemahan dari knoppix adalah diperlukannya memori yang besar untuk menggunakan modus grafisnya yaitu 96 MB walaupun bisa juga dijalankan pada memori 64 MB dengan swap pada hard-disk seperti pengalaman penulis tapi Anda perlu sedikit bersabar. Distro ini berbasis Debian GNU/Linux.





10. SLACKWARE
Distro ini merupakan distro buatan Patrick Volkerding dari Slackware Linux, Inc. yang terkenal pertama kali setelah SLS. Slackware merupakan salah satu distro awal, dan merupakan yang tertua yang masih dikelola Tujuan utama Slackware adalah stabilitas dan kemudahan desain, serta menjadi distribusi Linux yang paling mirip Unix,sederhana, stabil, mudah dikustom, dan didesain untuk komputer 386/486 atau lebih tinggi. Distro ini termasuk distro yang cryptic dan manual sekali bagi pemula Linux, tapi dengan menggunakan distro ini beberapa penggunanya dapat mengetahui banyak cara kerja sistem dan distro tersebut. Slackware adalah tertua yang masih tegar bertahan di segala jaman. Baru-baru ini merilis generasi barunya Slackware versi 11 diantara gelombang peluncuran distro-distro besar lainnya seperti Mandriva 2007 dan tidak lama lagi Fedora 6.

11.  TURBO LINUX
Turbo Linux merupakan salah satu distro Linux yang diminati oleh perusahaan dan perorangan di Jepang dan Asia. Produk berbasis Linux dengan kinerja tinggi ini dimanfaatkan untuk pasar workstation dan server terutama untuk penggunaan clustering dan orientasinya ke perusahaan. Beberapa produk-produknya: TurboLinux Workstation untuk dekstopnya, TurboLinux Server untuk backend server dengan kinerja tinggi terutama untuk penggunaan bisnis di perusahaan, e-commerce dan 
transaksi B2B (Business-to-Business).
12.  CentOS
CentOS adalah sistem operasi bebas yang didasarkan pada Red Hat Enterprise Linux (RHEL).
CentOS singkatan dari Community ENTerprise Operating System (Sistem Operasi Perusahaan buatan Komunitas/Masyarakat).
   13. GENTOO
Gentoo Linux adalah suatu distribusi Linux yang memakai paket sistem manajemen Portage. [Bandingkan dengan: Debian yang menggunakan paket .deb, RedHat / Mandrake yang menggunakan paket .rpm].
Manajemen paket ini dirancang untuk modular (mudah ditambah-tambah), portabel (dapat di port ke distro lain), mudah ditata, fleksibel, dan dioptimalkan untuk masing-masing komputer pengguna.








14. SABAYON
Sabayon adalah salah satu Distro linux. Sabayon diasaskan dari system dan source code Gentoo Linux. Pada pemasangan awal didatangkan dengan package pre-compile dan penuh dengan source code. Versi terkini sabayon menyongkong hardware seperti x86-64.
Package Installation
Sebayon Linux menggunakan sistem Entropy untuk installation package. Sistem ini menggunakan pakage binary yang dibina dari Gentoo Linux unstable tree, di compile menggunakan portage sistem, dan hasil pakage dimasukkan kedalam pakage tarball. Entropy ini pula akan memaksa tarball untuk melaksanakan tugas pre-compile dan seterusnya memanggil ebuild untuk setup pakage dengan betul. Ini bermakna, sistem Entropy ini sesuai dengan binary 100% sistem gentoo dan konfigurasi yang sama. Sebanyon menggunakan komponen core yang sama seperti Gentoo termasuk OpenRC dan baselayout2. Semua konfigurasi tool Gentoo seperti etc-update dan eselect adalah berfunsi. Selain itu, Sebayon juga mempunyai banyak tool konfigurasinya sendiri untuk automatic configuration berbagai-bagai komponen seperti OpenGL. Sebayon disediakan dalam pakage install DVD, miniEdition CD dan Live CD. Ia juga mempunyai desktop Gnome dan KDE untuk pilihan pengguna Linux.


15. MANDRIVA LINUX / LINUX-MANDRAKE
Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft).Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.Linux-Mandrake adalah salah satu distro turunan dari Red Hat Linux yang menyediakan banyak pengembangan dan aplikasi ‘pre-configured’ dan didukung banyak bahasa di seluruh dunia. Distro ini dikenal mudah untuk pemula dan cocok untuk kelas desktop tapi tidak menutup kemungkinan untuk dijadikan platform pada server. Optimasi untuk prosesor kelas Pentium ke atas membuat Linux-Mandrake dapat berjalan dengan baik pada platform tersebut.

16. FREESPIRE
Freespire adalah versi gratis dari distro Linspire (a.k.a Lindows), kemudian mungkin dikarenakan permasalahan nama, berubah menjadi Linspire.




17. PCLINUXOS
PCLinuxOS, sering disingkat sebagai PCLOS, adalah sebuah sistem operasi desktop. Ini adalah sebuah sistem operasi bebas untuk komputer pribadi yang bertujuan untuk memudahkan penggunaan.


18. PUPPY LINUX
Puppy Linux adalah salah satu distro Linux Live CD yang sangat kecil ukurannya dan mengutamakan kemudahan dalam penggunaan.
Seluruh sistem operasi dan aplikasinya berjalan dalam RAM, yang membolehkan media booting dilepas setelah sistem operasi berhasil dijalankan.
19. DAMN SMALL LINUX
Damn Small Linux(DSL) adalah salah satu distro/varian linux mini. Disebut mini karena paket DSL cuma 50MB besarnya. DSL juga memungkinkan untuk diinstall di USB 128MB.






20. KULIAX
Kuliax adalah sebuah distribusi Linux LiveCD yang dikembangkan oleh Kuliax Project untuk pendidikan di universitas. Distribusi ini berbasis Debian GNU/Linux dan Knoppix, serta telah dioptimasi ke arah penggunaan desktop Linux.





  21. LYCORIS
Lycoris adalah distro linux yang telah membuat versi linux yang cantik dan menyerupai WinXP, dari segi warna,icon, maupun kemudahan-kemudahan yang ada. Dari tampilan-tampilan screenshot pada situsnya Anda dapat mengamati bahwa memang Lycoris merupakan distro Linux yang pintar mempercantik diri sehingga dengan menggunakan Lycoris Anda akan merasa bekerja dengan Windows XP. Bahkan OpenOffice yang dipaketkan dengan Lycoris memiliki icon-icon yang cantik dan khas Lycoris. Lycoris memiliki paket-paket yang berbeda, dan paket distro Linuxnya dinamakan Desktop /LX. Lycros memiliki fasiltias IRIS yaitu Internet Rapid Installer for Software untuk mengupdate Linux Anda dengan software-software baru. Hanya saja distro ini tidaklah gratis dan Anda perlu membayar dengan sejumlah “dollar US”.
22. LINDOWS
Lindows masih kalah dibanding Lycoris dalam segi kecantikan tampilan tetapi Lindows telah lebih matang dan telah mencapai versi 4.0. Fasilitas yang menarik dari Lindows adalah Click-n-Run yaitu fasilitas mendapatkan ribuan software Linux yang sudah dikonfigurasi untuk Lindows dengan sekali klik dan proses instalasi ini juga dapat menambahkan shortcut di desktop dan daftar program secara otomatis.Lindows juga merupakan produk komersial.

23. LINARE

    Linare memiliki distro Linux khusus desktop dan paket CPU yang sudah terinstall Linare. Linare masih jarang terdengar dan merupakan pendatang baru. Linare juga merupakan produk komersial.
24. OPEN SOLARIS
    OpenSolaris adalah sistem operasi yang dihasilkan dari solaris ciptaan Sun Microsystem. Ianya sebahagian dari Oracle Corporation serta namanya adalah mewakili projek Sun dan developer serta komuniti sekelilingnya.
      OpenSolaris direka dari Unix System V Release 4 codebase dengan pengubahsuaian yang halus dari Sun sejak memilikinya pada tahun 1994. Hanya OpenSolaris satu-satunya sistem opensource yang dibina dari sistem V. Komponen Opensource adalah corak dari sun Solaris dibawah divelopementnya. Sun telah mengumumkan bahawa projek sistem operasi Solaris komersialnya akan dihasilkan dari projek OpenSolaris.
25. ArchLinux
     Arch Linux adalah distribution dari Linux yang dihasilkan begitu ringan dan ringkas. Pendekatan dalam larakan untuk Arch ini pula adalah fokus, mudah, menawan, kod yang betul dan minimum. Ringkas dalam conteks Arch linux ialah “tanpa penambahan , ubahsuai, atau komplikasi yang tidak perlu yang disesuaikan oleh developer, bukan dari pengguna. Di ilhamkan daripada CRUX, satu lagi Distro Linux yang serba ringkas.
    Pada March 2002 Judd Vinet telah memulakan Arch Linux dan sehinggalah 1 oktober disebabkan tidak mempunyai masa untuk menguruskannya. Setelah itu, projek Arch Linux ini telah diselenggarakan sepenuhnya oleh Aaron Griffin sehinggalah sekarang.
Pemasangan.
Untuk pemasangan Arch Linux ini, ianya didatangkan dalam bentuk console. User perlu membuat sedikit setting berpandukan panduan yang telah diberikan oleh maintainer Arch Linux. Console dan GUI installation sedikit-sebanyak berbeza dan jika konfigurasi tidak sempurna, maka Arch Linux ini akan menghadapi masalah terutamanya dalam booting menu.
Package Installation.
Arch Linux menggunakan Pacman untuk package manager installation. Ini sangat berbeza dari RPM, DEB atau Entropy. Ianya unik dan memerlukan sedikit kesabaran dalam melakukan installation package. Arch Linux juga menyokong hardware i686 dan x86_64 architechture.




  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Posting Komentar